Selasa, 30 November 2010

Strategi membangun powerful branding untuk toko komputer

Kamis, 21 Januari 2010 12:08:56 - oleh : admin

Mau kayak mereka?

Menciptakan branding untuk toko komputer anda dalam semalam memang hal yang sulit, tapi kalau untuk seminggu atau sebulan, saya kira saya punya solusinya. Berikut kiat-kiat sehat untuk mengembangkan brand toko komputer yang kuat ala Malcolm Gladwell Wimkhan.

1. Datangi calon konsumen anda.

Kesuksesan di dunia memang bukan milik para pemalas. Jika anda ingin calon konsumen anda berbelanja di toko kebanggan anda, maka aktif lah berpromosi di lokasi strategis tempat calon konsumen anda berpusat. Untuk yang mengincar segmen mahasiswa, kegiatan dan lokasi yang masih bernuansa kampus adalah hal yang tepat. Ingin merangsek para pelajar? Jangan ragu untuk datang langsung ke sekolah-sekolah. Anda ingin menjual produk ke para santri? Ya langsung ke pesantren. Bagaimana kalau target market anda adalah para pegawai negeri? Mudah saja, beriklanlah di acara-acara yang sering digelar oleh departemen-departemen atau BUMN. Di seminar boleh, simposium bisa, diskusi panel atau workshop juga oke.

2. Beri mereka insight bukan price list.

Well, hampir semua toko komputer membuat daftar harga barang dagangan mereka. Tapi jarang ada yang mau memberikan insight bagi calon konsumennya. Jika anda masih bingung dengan bentuk konkrit insight, maka saya anjurkan anda untuk segera membeli majalah-majalah komputer seperti CHIP, Info Komputer, Info Linux, PC Media, Macworld, dan sejenisnya. Setelah anda membeli salah satunya, carilah rubrik review produk. Sebuah ruang dalam majalah yang acap digunakan untuk membedah baik-buruk suatu produk. Bagi anda yang tidak suka membeli majalah, anda tetap bisa mencari review sejenis dari beberapa situs atau blog di internet, Make Mac adalah salah satu contoh bagus untuk memulai.

Setelah anda mengetahui baik dan buruk suatu produk dari majalah-majalah itu, anda sebaiknya jangan tinggal diam. Ringkaslah review tersebut untuk konsumen anda. Beri mereka pengetahuan yang mendalam sekaligus objektif tentang beberapa produk sekaligus. Apa kelebihan produk X? Apa kekurangannya? Untuk siapa dan apa produk X diciptakan? Adakah alternatifnya?

Jika anda sudah selesai membuat ringkasan. Langkah selanjutnya adalah membuat flyer atau brosur yang didesain dengan cantik dan enak dibaca. Ingat, flyer ini bukan untuk anda, tapi untuk calon konsumen anda. Jadi alih-alih meletakkannya di toko komputer anda, anda sebaiknya membagi-bagikannya secara gratis kepada calon konsumen anda. Buruan, mumpung toko komputer lain masih tidur. Zzzz…..

3. Buatlah pancingan!

Seperti yang sudah saya ungkap di artikel sebelumnya, pancingan adalah hal yang sangat penting. Di dalam flyer yang anda buat tadi, pasanglah pengumuman yang mencolok. Beritahu calon konsumen anda bahwa di toko anda sedang ada promo untuk sebuah produk yang sangat mereka gemari. Bisa berupa flashdisk 4GB yang dibanderol miring. Bisa juga sebuah laptop berprosesor Core2 Duo dengan harga 3,9 juta saja! Terpikir yang lain? Kenapa tidak? Coba saja! Kan yang punya toko anda. Hehehe …..

Bantinglah harga salah satu produk yang digemari itu. Tapi jangan membanting harga semua produk karena saya takut anda justru akan merugi. Dengan banderol harga suatu produk populer yang lebih murah dibanding dengan harga toko lain, calon konsumen besar kemungkinan akan senang berkunjung ke toko komputer anda. Diantaranya mungkin ada yang hanya berniat untuk melihat-lihat, tapi itu tidak masalah karena toko komputer yang ramai dengan pengunjung basanya mampu memancing para pengunjung dan calon pembeli lain dibanding toko yang sepi. Lihatlah, saya tahu anda sendiri sedang mengangguk-angguk bukan?

4. Pegawai yang menyenangkan.

Layanilah para pengunjung dan calon pembeli di toko anda dengan baik. Semuanya, baik itu kepada mereka yang sungguh-sungguh ingin membeli atau kepada mereka yang hanya sekedar bertanya-tanya. Entah sudah berapa banyak calon pembeli potensial yang lenyap hanya karena para pegawai anda tidak memperlakukan mereka dengan baik ketika mereka hanya sedang ingin bertanya-tanya. Bung, calon pembeli juga punya hati bukan? Lalu apa yang akan terjadi kalau pegawai anda menyakiti hati mereka? Ya ke toko sebelah!

5. Awasi after sales

Oke, sekarang calon pembeli sudah benar-benar melakukan pembelian di toko anda. Mereka dapat barangnya, anda dapat uangnya. Anda senang bukan? Boleh senyum tapi jangan puas dulu! Sebagai pemilik toko komputer yang baik, anda tidak boleh meremehkan after sales atau layanan purna jual.

Di dunia ini tidak ada produk elektronik yang tidak membutuhkan servis. Jadi sewaktu-waktu barang yang anda jual rusak di tangan konsumen, anda sebaiknya sudah siap untuk melayani mereka dengan lebih baik lagi. Saya meminta anda untuk melayani mereka lebih baik lagi karena konsumen anda sedang sulit dan sempit hatinya. Maklum, barang yang disenanginya dan sangat dibutuhkannya untuk bekerja sedang rusak. Hmmm….toko komputer memang harus bisa berempati juga kali ya …


Ketika konsumen senang, toko anda akan mendapatkan promosi gratis. Damn, we love a good computer store and I hope your store will be one.

And that should be your mantra, isn’t it?

dari : http://gadnix.com/2009/11/strategi-membangun-powerful-branding-untuk-toko-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar